MPM Kembali Menggelar Perhelatan Akbar Pesantren Ramadhan

KEMBALI1], UKM LDK MPM UNHAS akan melangsungkan perhelatan akbar tahunan dalam bulan Ramadhan, pesantren Ramadhan. Kegiatan akbar ini insya Allah akan berlangsung selama 2 hari, Selasa pagi sampai Rabu sore, 18-19 Ramadhan 1433 atau 7-8 Agustus 2012. Acara yang dikawangi para tokoh mahasiswa Muslim ini akan mengambil tempat di lantai 3 mesjid Kampus Unhas untuk mahasiswa laki-laki dan aula lantai 1 untuk peserta perempuan. Sebagai satu-satunya organisasi dakwah yang dibawahi langsung Universitas, acara secara resmi akan dibuka oleh wakil rektor III. Juga akan turut hadir Ketua Umum LDK MPM untuk memberikan sambutan hangat bagi segenap peserta.
Dari tahun ke tahun, pesantren Ramadhan selalu diramaikan oleh mahasiswa dari berbagai pulau di Nusantara. Bahkan untuk kegiatan sejenis, juga pernah ada mahasiswa mancanegara. Mereka tampak antusias. Tahun lalu misalnya, seorang peserta dari Aceh mengatakan, ia sangat tertarik dengan kegiatan pesantren ini, dan kegiatan-kegiatan lain yang digawangi MPM. Karena itu, lanjutnya, ia sangat ingin menjadi anggota atau pengurus MPM.
Wakil rektor III sendiri selaku ‘ayahanda’ yang senantiasa mendampingi ‘anak-anak’ MPM menaruh perhatian besar terhadap perkumpulan para pencinta Islam ini. Hampir tidak ada kegiatan yang tidak beliau hadiri jika telah diundang terlebih dahulu. Jika beliau berhalangan, belum pernah beliau tidak mengirim utusan. Minimal untuk membawakan sambutan sekaligus permintaan maaf beliau karena tak dapat hadir.
Besarnya perhatian orang penting sekelas wakil rektor III tentu bukan tanpa alasan. Sepanjang sejarahnya, MPM telah menelurkan kader-kader mahasiswa yang berdaya guna bagi lingkungan sekitarnya. Dalam hal prestasi misalnya, tidak sedikit kader MPM yang meraih prestasi gemilang. Diantara mereka ada yang sejak semester satu sampai semester akhir, hampir tidak pernah dilihat ditranskrip nilainya selain nilai A. Kecuali beberapa. Beberapa kader juga banyak terlibat di senat dan himpunan mahasiswa. Mereka aktif menyelenggarakan seminar-seminar baik nasional maupun internasional dengan berbagai topik.
Namun, prestasi yang gilang gemilang itu bukan tanpa sebab. Laksana buah, tidak mungkin ia muncul dari pohon yang tidak dirawat. Tidak mungkin buah manis nan segar lagi mengenakkan pandangan keluar begitu saja dari perut bumi, tanpa pohon yang disemai, tanpa akar yang diairi, atau tanpa tanah yang dibersihkan dari segala gulma. MPM, dalam upaya mencetak ‘buah manis’ itu, sejak kaki pertama mahasiswa menginjak pintu kampus, terus-menerus dilakukan pembinaan. Baik perpekan, perbulan, ataupun pelatihan-pelatihan dasar yang sangat dibutuhkan sang mahasiswa ideal. Ujung dari semua itu, yang semuanya bermula dari pemahaman agama yang benar, adalah munculnya generasi-generasi yang memiliki pandangan benar terhadap agamanya. Pandangan yang benar terhadap manusia dan segala kebutuhannya. Pandangan yang benar terhadap dunia dan segala isinya, Dan untuk mencapai itu semua tidaklah memberatkan, melainkan sangat menyenangkan. Salah satunya melalui pesantren Ramadhan.
Sebagai pintu pertama ‘masuk’ MPM, kegiatan ini dirancang sebaik mungkin. Materi-materi telah dipersiapkan dengan matang dan menarik. Keluar dari pesantren Ramadhan, semua peserta insya Allah telah memiliki bekal yang siap untuk menyelami samudera kampus yang tak bertepi. Yang ombaknya tak kepalang tanggung. Semua insya Allah bisa dihadapi dengan bekal keilmuwan Islam yang memadai. Dan sebagai langkah awal, MPM dengan bangga mempersembahkan: Pesantren Ramadhan! Biquwwatillahi ta’ala





[1] Insya Allah.
Share this article :
 
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Al-Ghuraba Official Site - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger